4 Jenis Atasan yang Biasa Anda Temui di Kantor

Sebagai seorang pegawai profesional yang bekerja di perusahaan, pastinya Anda memiliki atasan atau lazim pula disebut bos. Seringkali, atasan ini tidak bisa ditebak, karena sering memberikan Anda tugas yang terlampau banyak, pekerjaan di luar jobdesc, atau juga waktu kerja yang kadang tidak menentu. Permasalahan ini sangat umum ditemui, karena Anda tidak mengetahui bagaimana cara menghadapinya.

Untuk itu, mari kenali 4 jenis atasan yang biasa Anda temui di kantor, berikut cara menghadapinya berikut ini!

Kaku. Sumber: telegraph.co.uk
Kaku. Sumber: telegraph.co.uk

1. Bos super kaku

Bos jenis ini sangat objektif saat menilai kinerja bawahannya. Jadi, bila Anda ingin mengambil hatinya, disiplin adalah kunci utama yang harus Anda pegang. Misalnya, selalu on time saat rapat, patuh pada deadline, memenuhi target yang telah ditentukan, dan lain-lain.

Bila ada kesempatan makan siang bersama, ajak beliau bercerita mengenai kariernya, mulai dari awal hingga beliau menjadi seperti saat ini. Dengan senang hati, sang atasan pun akan membagikan tips suksesnya. Anda pun jadi lebih mudah mengenalnya.

Si baik hati. Sumber: arabianbusiness.com
Si baik hati. Sumber: arabianbusiness.com

2. Bos yang baik hati

Tidak selamanya bos galak atau identik dengan otoriter. Terkadang, Anda pun akan menemui bos yang baik hati. Bos jenis ini biasanya selalu memberikan kesempatan kedua jika Anda melakukan kesalahan. Sikapnya yang terkadang “enggak enakan” membuat suasana kantor jadi lebih santai dan menyenangkan.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda dapat bekerja kurang serius, karena beliau akan tetap menegur Anda nantinya. Oleh karena itu, tetap pertahankan performa kerja terbaik Anda, agar si bos tetap baik terhadap Anda.

Atasan. Sumber: entrepreneur.com
Atasan. Sumber: entrepreneur.com

3. Bos yang temperamental

Untuk jenis yang ini, Anda perlu waspada, karena ia bisa dengan tiba-tiba masuk ke ruangan Anda sambil marah-marah. Jika ada sedikit hal yang membuat beliau tidak senang, atau pekerjaan yang Anda selesaikan tidak sesuai ekspektasinya, Anda pun akan menjadi sasarannya.

Untuk itu, dalam menghadapi bos jenis ini, Anda pun harus sabar. Sebisa mungkin hindari masalah dengan mengerjakan semua pekerjaan sebaik mungkin dan mematuhi seluruh peraturan di kantor.

Bos. Sumber: livechat.com
Bos. Sumber: livechat.com

4. Bos idaman

Bila Anda menemukan bos jenis ini, maka seluruh pekerjaan Anda pastinya dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini dikarenakan, tipe bos idaman biasanya tidak segan-segan turun tangan jika bantuannya dibutuhkan. Beliau juga sering memberi motivasi kepada Anda, dan tidak segan-segan menegur jika memang kesalahan Anda terlalu fatal.

Cara menghadapi bos jenis ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu menjadi seorang team player yang dapat mengerjakan seluruh tugas yang diberikan, dan jika memang ada hal yang tidak Anda pahami, jangan segan untuk berlangsung kepada bos.

Jadi, jenis bos manakah yang Anda temui  saat ini di kantor? Cara-cara yang telah Talian berikan di atas bisa Anda terapkan saat ini juga, sehingga suasana kerja di kantor pun menjadi lebih baik.



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up