4 Profesi yang Banyak Dicari Tahun 2017

Mencari pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan passion atau kemampuan yang dimiliki adalah impian setiap orang. Untuk itu, memilih profesi yang sekiranya sesuai dengan Anda sangatlah disarankan. Namun, perlu Anda perhatikan pula, saat ini kebutuhan akan angkatan kerja dengan bidang kemampuan yang spesifik juga meningkat drastis.

Agar Anda lebih mengetahui tren profesi yang sedang banyak dicari tahun 2017 ini, maka Talian hadirkan 4 profesi teratas yang sedang dicari. Berikut adalah ulasannya.

Pekerja Medis. Sumber: shutterstock.com
Pekerja Medis. Sumber: shutterstock.com

1. Pekerja medis

Kebutuhan akan kesehatan tentunya tidak akan pernah menyurut. Oleh karena itu, beberapa tahun belakangan ini, permintaan angkatan kerja untuk profesi di bidang industri kesehatan pun meningkat sangat tajam. Kebutuhan akan pekerja medis diprediksi tumbuh 16% mulai dari tahun 2012 hingga 2024 nanti.

Kesempatan untuk bidang medis, mulai dari dokter, perawat, apoteker, hingga pekerja medis lainnya, masih terbuka lebar, terutama untuk di berbagai daerah selain Pulau Jawa. Kebutuhan akan dokter umum dan spesialis di berbagai tempat juga belum tercukupi. Untuk itu, bagi Anda yang saat ini sedang belajar atau berkeinginin untuk menggeluti profesi ini, jangan ragu untuk memulainya!

Profesi yang banyak dicari 2017
Desainer Produk. Sumber: attention-group.com

2. Desainer produk

Kreativitas dan inovasi terus bertumbuh beberapa tahun belakangan ini. Maka dari itu, kebutuhan akan desainer produk juga meningkat drastis. Banyak perusahaan teknologi baru yang muncul, didukung dengan pasar yang mulai teredukasi, menjadikan industri kreatif dan teknologi membutuhkan desainer produk yang handal. Agar nantinya, tercipta produk yang sesuai dengan target pasar yang dituju oleh perusahaan.

Bahkan, berdasarkan data yang didapat dari Jobstreet, pekerjaan ini juga memungkinkan Anda untuk meraih kesuksesan dalam waktu cepat. Peran kreativitas manusia tidak akan pernah tergantikan oleh mesin, yang membuat desainer produk adalah profesi yang cukup dicari saat ini.

Profesi dicari tahun 2017
Software Engineer. Sumber: skilledup.com

3. Software engineer

Dengan berkembangnya hype akan startup berbasis teknologi, peran software engineer atau ahli rekayasa perangkat lunak bukan lagi profesi sekunder atau komplementer. Imbas akan perkembangan teknologi adalah pada naiknya permintaan akan software engineer. Profesi ini tidak hanya membutuhkan kecerdasan, tetapi juga kreativitas dan juga keuletan yang tinggi. Hal ini dikarenakan, profesi ini tidak hanya melulu mengembangkan perangkat lunak, tetapi juga menciptakan perangkat lunak yang berkualitas dan mudah digunakan.

Saat ini, masyarakat Indonesia masih menyamakan peran software engineer dengan software programmer. Padahal, kedua profesi ini memiliki peran yang berbeda. Seorang software engineer tidak hanya harus mengerti tentang rekayasa perangkat lunak, tetapi juga bidang ilmu sosial lainnya. Karenanya, bidang profesi ini masih sering diisi oleh tenaga asing. Jika Anda menyukai bidang teknologi dan memiliki kemmapuan coding di Phyton, Java, dan juga JavaScript, maka profesi ini cocok untuk digeluti!

Profesi paling dicari 2017
Data Analyst. Sumber: mondo.com

4. Data analyst

Menurut data yang dihimpun oleh World Economic Forum di tahun 2016, profesi yang paling banyak dibutuhkan perusahaan adalah Data Analyst atau analis data. Hal ini dikarenakan, profesi ini memiliki tingkat kerumitan tugas yang tinggi, yaitu mengolah data ‘mentah’ dari dunia maya, lalu menganalisa dan mengubahnya menjadi informasi terstruktur yang siap digunakan perusahaan. Sehingga, manajemen tingkat tinggi dapat mengambil keputusan sesuai kumpulan informasi tersebut.

Untuk dapat menjadi seorang analis data, Anda harus memiliki kemampuan manajemen yang baik, karena profesi ini menuntut efisiensi kerja yang tinggi. Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan Artificial Intelligence (AI), teknologi robotika, hingga nanoteknologi dan bioteknologi adalah beberapa perusahaan yang sangat membutuhkan pekerja dengan bidang analisa data tersebut. Berdasakan data dari Jobstreet, permintaan akan profesi ini diprediksi akan tumbuh 3%-7% hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Jadi, sudah siap berganti profesi atau menggeluti bidang pekerjaan baru? Dengan semangat tinggi, dedikasi, dan kemauan untuk terus belajar, bukannya tidak mungkin Anda mendapatkan profesi di atas. Atau malah Anda sudah menggelutinya? Selamat bekerja!



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up