4 Taktik Jitu Bersaing dengan Perusahaan Raksasa

Mengelola sebuah perusahaan tidaklah mudah, apalagi jika perusahaan yang Anda kelola merupakan perusahaan baru yang memiliki skala produksi tidak terlampau besar. Selain berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan, bersaing dengan perusahaan raksasa dengan skala produksi industri akan membuat perusahaan Anda sulit berkompetisi dengan mereka.

Untuk itu, diperlukan strategi pemasaran dan juga produksi yang dapat Anda gunakan setiap saat. Selain memberikan efek besar terhadap perusahaan, strategi ini nantinya dapat membantu Anda dalam “perang” dengan korporasi dengan modal yang lebih besar, entah itu berupa perang harga, campaign, hingga komparasi produk.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Talian hadirkan berikut 4 taktik jitu bersaing dengan perusahaan raksasa, yang dapat Anda jadikan catatan pribadi agar perusahaan berkembang dengan pesat. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

Sumber: marketingland.com
Sumber: marketingland.com

1. Manfaatkan teknologi dengan maksimal

Pemanfaatan teknologi untuk penjualan produk perusahaan, baik itu barang ataupun jasa sangatlah penting. Saat ini, perusahaan besar sedang berlomba-lomba untuk mengelola sumber daya teknologi dan juga memperbaruinya, mengikut perkembangan zaman yang begitu cepat.

Untuk itu, coba kelola social media dengan lebih serius, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, hingga Snapchat, yang semuanya memiliki potensi pasar yang sangat besar. Selain itu, jika Anda memiliki modal lebih, cobalah untuk membuat sebuah mobile apps yang mendekatkan Anda dengan konsumen, seperti games, portal berita, atau juga mini quiz yang membuat konsumen merasa dimanjakan.

Tidak sampai di situ, Anda pun perlu mengelola aset dengan lebih bijak. Jika saat ini aset perusahaan Anda berjalan tanpa kontrol dan administrasi yang efisien, coba pergunakan pula aplikasi manajemen aset terintegrasi, seperti contohnya Maximo atau Quintiq. Dengan begini, aset perusahaan Anda dapat dikelola secara otomatis.

Sumber: saxonsgroup.com.au
Sumber: saxonsgroup.com.au

2. Bergabung dengan perusahaan lain

Meskipun terdengar terlalu putus asa, bergabung dengan perusahaan lain dapat memperbesar segmen pasar yang Anda miliki. Cobalah untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang berbeda dengan Anda, namun memiliki koneksi segmen pasar yang terkait dengan produk yang Anda hasilkan.

Misalnya, jika perusahaan Anda memproduksi garam, bergabunglah dengan perusahaan makanan instan yang membutuhkan produk Anda di dalamnya. Cara ini sudah banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia, seperti misalnya Djarum dengan Blibli.com dan juga Indofood dengan Nestle.

Sumber: econsultancy.com
Sumber: econsultancy.com

3. Program marketing yang unik

Produk yang bagus tanpa pemasaran yang baik tentunya tidak dapat berhasil. Perusahaan Anda akan sangat susah jika harus berkompetisi dalam hal pembuatan program marketing yang memakan banyak biaya. Untuk itu, cobalah buat program marketing yang unik dan terjangkau, namun tepat sasaran.

Seperti contohnya, membuat lomba dengan hadiah unik, bekerjasama dengan social media influencer, hingga menciptakan fasilitas selfie gratis yang engaging.

Sumber: huffingtonpost.com
Sumber: huffingtonpost.com

4. Rekrut pegawai millennial yang kreatif

Meskipun fakta menunjukkan jika pegawai millennial bukanlah jenis pegawai yang loyal dengan perusahaan, namun angkatan kerja mudah ini memiliki banyak sekali ide-ide segar yang dapat membantu perusahaan Anda dalam urusan pemasaran dan juga strategi harga yang lebih kreatif.

Hal ini tidak lepas karena peran arus informasi yang cepat diserap oleh pegawai millennial, sehingga mereka lebih terbuka dengan perkembangan zaman. Perusahaan Anda membutuhkan orang-orang siap pakai seperti ini, agar perusahaan besar dapat Anda kalahkan dalam kompetisi yang lebih sehat.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk bersaing dengan perusahaan besar di pasaran sana? Tips bisnis sederhana di atas sangat berguna untuk diterapkan, dalam skala kecil sekali pun. Selamat mencoba!



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up