5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengambil Cuti

Musim liburan telah tiba! Tentunya Anda sudah mempersiapkan rencana liburan bersama orang tersayang, entah itu traveling ke luar kota, pergi ke tempat-tempat wisata, atau sekedar bersantai sejenak di rumah. Hal ini memang diperlukan, karena setelah setahun Anda bekerja keras, menyegarkan pikiran juga sangat diperlukan, agar semangat Anda kembali lagi dan kinerja Anda di kantor semakin meningkat.

Tapi tunggu dulu. Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan cuti kepada atasan, ada 5 persiapan yang perlu dilakukan sebelum cuti, agar pengajuan cuti Anda pun disetujui. Simak selengkapnya di bawah ini!

Catat rencana libur. Sumber: lifehack.org
Catat rencana libur. Sumber: lifehack.org

1. Rencanakan liburan dengan matang

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan cuti ke kantor, pastikan dulu rencana liburan yang akan Anda lakukan nantinya, seperti tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, anggaran yang dibutuhkan untuk liburan, hingga teman liburan yang akan Anda ajak. Atau jika Anda memang berencana menghabiskan liburan di rumah, buatlah rencana kegiatan yang akan Anda lakukan selama liburan.

Pastikan pula untuk membuat rencana cadangan, jika memang liburan yang Anda impikan tidak dapat terealisasikan.

Selesaikan pekerjaan. Sumber: blog.9rules.com
Selesaikan pekerjaan. Sumber: blog.9rules.com

2. Pastikan semua pekerjaan tahunan Anda terselesaikan

Menjelang akhir tahun seperti, percepat pengerjaan tugas kantor yang butuh Anda selesaikan tahun ini. Sehingga, saat Anda akan mengambil cuti nanti, atasan tidak akan memberikan berbagai alasan untuk melarang Anda mengambil cuti.

Tapi ingat, kerjakan tugas tersebut sebaik-baiknya. Jangan sampai, karena Anda ingin cepat mengajukan cuti, pekerjaan menjadi asal-asalan.

Delegasikan pekerjaan. Sumber: envato.com
Delegasikan pekerjaan. Sumber: envato.com

3. Delegasikan pekerjaan saat cuti

Carilah rekan kerja yang dapat Anda delegasikan untuk pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk membuat daftar pekerjaan atau tugas yang mungkin perlu didelegasikan kepada mereka, untuk memudahkan pengerjaan tugas. Hal ini dilakukan agar pekerjaan Anda tetap terselesaikan walaupun Anda sedang bercuti.

Tapi jangan lupa, bawakan rekan kerja itu oleh-oleh saat Anda pulang dari liburan ya? Sehingga mereka pun bisa merasakan apa yang Anda rasakan. Selain itu, Anda pun sebenarnya bisa mempermudah pekerjaan dengan memanfaatkan enterprise asset management dari Talian, di mana aset perusahaan tetap bisa optimal meski Anda tinggalkan. Detil mengenai jasa tersebut dapat Anda lihat di sini.

Bercuti. Sumber: Kapanlagi.com
Bercuti. Sumber: Kapanlagi.com

4. Jangan meninggalkan meja kerja Anda dalam keadaan berantakan

Hal ini dilakukan untuk memudahkan orang lain yang akan mengambil alih pekerjaan Anda menjadi lebih mudah untuk mencari dokumen atau akses lain yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Bila perlu, taruh sticky notes untuk memudahkan rekan kerja Anda. Dengan begini, semua pihak pun tidak merasa kesusahan dan liburan Anda pun lebih tenang.

Ajukan cuti. Sumber: makemoneyinlife.com
Ajukan cuti. Sumber: makemoneyinlife.com

5. Ajukan cuti jauh-jauh hari

Jika Anda belum mengajukan surat cuti kepada atasan, Talian sarankan Anda untuk mengajukannya saat ini juga. Sehingga, cuti Anda pun bisa disetujui. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Anda diminta untuk mengajukan cuti jauh-jauh hari, agar seluruh tugas yang harus Anda selesaikan atau belum terselesaikan dapat segera didelegasikan dengan rekan kerja lainnya.

Setelah memperhatikan beberapa persiapan di atas, saat ini pun Anda sudah siap. Angkat ransel Anda dan manfaakan cuti dengan lebih maksimal. Selamat berlibur!



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up