6 Tips Tutup Buku yang Efisien dan Mudah Dilakukan

Melakukan pembukuan dalam sebuah perusahaan merupakan bagian terpenting dari seluruh proses Adminstrasi. Semua transaksi perusahaan Anda perlu dicatat dengan detil untuk mengetahui modal, laba, dan biaya yang perusahaan Anda keluarkan setiap tahunnya. Melalui buku besar ini Anda juga dapat melihat grafik pendapatan ataupun laba bersih perusahaan. Tentunya hal ini juga dapat dijadukan acuan untuk melakukan evaluasi perusahaan di setiap akhir tahun.

Menjelang akhir tahun, merupakan saat-saat paling sibuk dari proses pembukuan karena adanya laporan akhir tahun dan sebagainya. Berikut ini Talian sajikan beberapa tips memudahkan proses pembukuan jelang akhir tahun.

Sumber: savoiragile.com
Sumber: savoiragile.com

1. Lakukan pemeriksaan terhadap buku besar secara teratur

Buku besar sejatinya berisi laporan keuangan setiap bulan. Apabila Anda melakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulan, tentu hal ini akan meminimalisir kemungkinan terjadinya hambatan ataupun masalah pada penulisan laporan akhir tahun perusahaan.

Hindari penggunaan smartphone berlebihan. Sumber: bgr.in
Sumber: bgr.in

2. Lakukan Adjusment begitu ditemukan masalah

Berkaitan dengan langkah di poin pertama, segera lakukan penyesuaian apabila Anda menemukan masalah pada buku besar perusahaan. Hal ini sangat membantu proses anda dalam menyusun laporan akhir tahun. Jangan menunda melakukan pembenahan pada masalah buku besar ini, karena apabila Anda menundanya maka akan menumpuk di kemudian hari dan proses penulisan laporan akhir tahun akan menambah banyak tugas yang nantinya menyulitkan Anda untuk mengambil cuti.

Perencanaan masa mendatang. Sumber: businessdaily.com
Sumber: businessdaily.com

3. Lakukan rekonsiliasi kas setiap minggu

Usahakan untuk melakukan pengecekan terhadap uang keluar dan masuk dalam kas perusahaan Anda. Jangan menunggu setiap akhir bulan untuk melakukan kegiatan ini, bahkan di ujung minggu pun Anda perlu melakukannya. Hal ini lagi-lagi akan mempermudah langkah pekerjaan dalam menyusun laporan akhir tahun.

Perencanaan Keuangan
Sumber: business.com

4. Tetapkan prosedur kapitalisasi yang jelas dan pasti

Catatlah setiap proses penjualan secara detail, agar terlihat jelas berapa jumlah modal yang dihabiskan dalam setiap produk. Dalam setiap pencatatan tersebut Anda dapat menentukan prosedur yang pasti tentang pencatatan penjualan perusahaan.

 Hal ini merupakan bagian data yang dimasukkan dalam buku besar. Apabila anda memiliki catatan tersendiri pada setiap penjualan, maka bisa dipastikan penulisan laporan akhir tahun anda akan sangat mudah dilakukan.

Sumber: backofficellc.com
Sumber: backofficellc.com

5. Akrualkan biaya yang belum diketahui sampai jelang tutup buku

Periksalah setiap detil dalam buku besar perusahaan anda. Apabila terdapat biaya yang belum diketahui, segera lakukan akrualisasi agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar pada penyusunan laporan akhir tahun perusahaan.

Sumber: gettyimages.com
Sumber: gettyimages.com

6. Periksa kembali aset keuangan secara langsung

Tentunya, perusahaan Anda memiliki daftar aset perusahaan. Cobalah sesekali melakukan kroscek pada aset tersebut secara langsung. Sesuaikan hasil data aset dengan kondisinya di lapangan. Apabila tidak sesuai, tentu hal ini akan dapat segera anda perbaiki dalam pelaporannya.

Pada penyusunan laporan akhir tahun, hal seperti ini akan sering ditemukan. Sehingga, jika Anda rajin melakukan pemeriksaan lapangan terhadap aset keuangan tentu akan memudahkan penulisan laporan akhir tahun perusahaan anda.

Tetapi, jika memang Anda kesulitan melakukan hal ini karena kendala waktu dan efisiensi, maka opsi lain yang dapat Anda pilih adalah dengan melakukan optimalisasi aset lewat manajemen aset dengan sebuah sistem, yang dapat Anda kontrol secara berkala tanpa perlu pengecekan langsung ke lapangan. Talian menyediakan jasa instalasi hingga maintenance untuk proses ini, yang dapat Anda cari tahu lebih lanjut lewat tautan berikut.

Jadi, sudah siapkah Anda melakukan tutup buku tahun ini? Dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang baik, serta menerapkan beberapa tips di atas, dijamin proses tutup buku perusahaan Anda berjalan lancar!



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up