8 Tips Mengatasi Pekerjaan Kantor yang Menumpuk

Tugas dan pekerjaan kantor yang banyak sudah biasa dialami oleh banyak karyawan maupun karyawati. Namun, bila tidak disiasati dengan baik dan benar, beban pekerjaan yang terus dialami dapat mengarah ke stres yang berkepanjangan, serta dapat memicu banyak hal, seperti depresi, tidak adanya semangat untuk menjalani hari kerja, kurangnya konsentrasi dan fokus. Untuk itu, kerja cerdas sejatinya diperlukan agar Anda bekerja lebih efisien.

Masalah tugas dan pekerjaan yang berlebihan dapat memicu stres maupun depresi ini telah dibuktikan oleh suatu professor di Amerika Serikat. Menurut Sharon Melnick, PhD, yang juga menjadi pengajar di Harvard Medical School, hal ini disebabkan oleh bagian otak Anda yang memiliki kapasitas untuk memecahkan masalah hanya mampu melaksanakan tujuh proses pada waktu yang sama. Ketika Anda terus memikirkan bahwa Anda memiliki tugas-tugas yang lebih dari jumlah tersebut untuk dikerjakan, pikiran dan sumber perhatian Anda akan dialihkan dari bagian otak “pemecah masalah” yang lebih emosional.

Berikut Talian sajikan 8 tips mengatasi pekerjaan kantor yang menumpuk, yang dapat Anda terapkan sehari-hari.

Membagi pekerjaan itu sangat penting. Sumber: wattsupwiththat.com
Membagi pekerjaan itu sangat penting. Sumber: wattsupwiththat.com

Bagilah satu kumpulan tugas itu menjadi beberapa bagian

Bila Anda sedang mengerjakan sebuah proyek, buat kompartemen, dan bagilah proyek tersebut menjadi kelompok-kelompok kecil. Tak perlu stres mengenai hasil akhirnya, karena Anda hanya merasa perlu khawatir terhadap hal-hal kecil yang harus segera Anda hadapi saat ini.

stress-at-work
Selesaikan segera! Sumber: 123rf.com

Segerakan melakukan atau menyelesaikan hal-hal yang bisa diselesaikan dengan cepat

Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan aturan ‘lima menit’. Artinya, jangan menunda melakukan sesuatu yang dapat dikerjakan dalam lima menit. Misalnya, membalas e-mail yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi kehadiran dalam suatu pertemuan, dan anda lebih tahu mana pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat bukan, segera lakukan begitu Anda mengingatnya.

Buat jadwal kerja. Sumber: ShopPLRArticles.com
Buat jadwal kerja. Sumber: ShopPLRArticles.com

Selalu membuat jadwal untuk diri Anda

Kerjakan tugas harian Anda pada waktu tertentu, dan tugas tambahan dari atasan atau pihak lain yang membutuhkan bantuan Anda, pada saat yang lain. Pada tahap ini Anda memang harus sedikit tegas pada “pihak-pihak” lain yang ingin ikut memanfaatkan tenaga Anda, katakan bahwa Anda harus melakukan tugas utama Anda lebih dulu.

Nutrisi untuk tubuh. Sumber: bellscorners.com
Nutrisi untuk tubuh. Sumber: bellscorners.com

Selalu menjaga asupan nutrisi Anda

Pastikan mengisi perut dengan sarapan pagi terlebih dahulu, agar tubuh tidak terkuras habis dalam melakukan pekerjaan dari pagi sampai jam istirahat siang. Hal ini terbukti di dalam suatu penelitian yang menyatakan bahwa manusia yang telah sarapan dapat melakukan kegiatan produktivitas lebih banyak dan lebih efektif dibanding orang yang belum mengisi perutnya sama sekali.

Hindari penggunaan smartphone berlebihan. Sumber: bgr.in
Hindari penggunaan smartphone berlebihan. Sumber: bgr.in

Hindari segala macam hal yang mungkin akan mendistraksi anda

Literatur bagus, jurnal, smartphone, bahkan komputer bisa mendistraksi anda sekecilpun.  Dahulukan tugas anda agar segala urusan bisa selesai pada waktunya.

Gerakkan tubuh Anda! Sumber: lifehack.org
Gerakkan tubuh Anda! Sumber: lifehack.org

Jangan duduk terus-terusan pada tempat kerja yang sama

Merupakan hal yang cukup penting untuk berdiri dari kursi anda sesekali. Berjalan mengelilingi seisi ruang kantor Anda selama beberapa saat atau menggerakkan tubuh untuk melemaskan mental dan saraf dapat mengembalikan fokus dan determinasi seperti sedia kala.

Manfaatkan teknologi. Sumber: hilton.org.uk
Manfaatkan teknologi. Sumber: hilton.org.uk

Gunakan segala macam teknologi yang ada

Hal ini perlu Anda lakukan untuk menambah efisiensi dan produktivitas. Misalnya, GoogleDocs untuk berkolaborasi dengan mitra kerja Anda dalam penyimpanan folder dokumen, atau sticky notes pada komputer Anda untuk menulis segala hal-hal yang berkaitan dengan tugas atau sesuatu yang diperlukan.

Manfaatkan manajemen aset digital

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang menyajikan manajemen aset digital, seperti layaknya yang Talian tawarkan. Anda bisa mengecek detil program tersebut di sini. Selain mempermudah pekerjaan Anda di kantor, manajemen aset digital juga akan membuat seluruh perusahaan lebih efisien dan pada akhirnya, meningkatkan profit! Tidak percaya? Coba cek video berikut ini!

Jadi, sudahkah Anda mencoba beberapa tips di atas? Semoga sukses!



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up