Inovasi Lean Manufacturing di PT Chang Shin Indonesia

Perdebatan mengenai inovasi dalam dunia industri biasanya terbatas pada inovasi produk. Inovasi belum termasuk pada area “proses” –sebuah tindakan dan penyesuaian dari proses produksi untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kecepatan produksi- sudah seharusnya tidak hanya berfokus pada seputar bisnis proses produksi saja, tapi juga bisnis proses yang terkait kepada semua keperluan aset kritikal untuk produksi. Untuk mengatasi hal ini dalam duniamanufaktur ada dikenal istiliah lean manufacturing, yaitu inovasi yang berfokus pada desain yang efisien untuk semua proses produksi. Dengan inovasi ini alur kerja dibuat jadi efiesien dan efektif, hal ini akan meningkatkan ketersediaan kinerja aset yang handal (orang, alat-alat dan mesin). Perusahaan yang mengimplemetasikan prinsip lean manufacturing harus mempertimbangkan sebuah solusi manajemen aset untuk membantu memperbaiki serta mengoptimalisasi biaya pemeliharaan dan operasional di berbagai golongan aset.

PT Chang Shin Indonesia (PT CSI) adalah produsen sepatu dengan brand ternama di dunia mengimplementasikan solusi IBM Enterprise Asset Management untuk mendukung implementasi inisiatif lean manufacturing yang saat ini dikembangkan di PT CSI. Maximo EAM memberikan PT CSI sebuah framework untuk meningkatkan kehandalan, mengurangi non productive time sembari berkerja di lingkungan dengan resourceterbatas. Selain itu solusi Maximo Asset Management juga memiliki kemampuan analisa mendalam untuk membantu melihat sumber masalah yang terjadi secara terus menerus.

Cara berpikir Lean adalah mengenai menghilangkan tindakan inefisiensi dari sebuah alur proses pekerjaan. Tindakan inefisiensi disini dijelaskan sebagai sebuah aktivitas yang membutuhkan sumber daya tapi tidak memberikan hasil nyata. Definisi ini termasuk di dalamnya antara lain sebuah kesalahan pekerjaan yang membutuhkan tindakan pembetulan, produksi dari item yang tidak dibutuhkan, langkah-langkah proses yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Seperti metode manual yang awal-awal dilakukan di PT CSI, hal ini termasuk dalam proses kerja yang dapat di efisiensikan dan memperbaiki alur kerja sesuai dengan inovasi lean manufacture.

Dengan langkah ini maka PT CSI kemudian dapat menghasilkan lebih banyak barang dalam waktu yang sedikit dengan jumlah mesin yang sama, mengurangi kebutuhan investasi untuk mesin tambahan sementara dilain pihak memperluas kapasitas yang ada. PT CSI juga dapat menjamin pengiriman logistik dapat sesuai jadwal.



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up