Masihkah cukup dengan ERP – Enterprise Resource Planning ?

Masihkah cukup dengan ERP – Enterprise Resource Planning ?

maximo indonesia -masihkah-cukup-dengan-erp-enterprise-resource-planning

Dalam dua dekade terakhir pelbagai perusahaan baik itu swasta atau milik pemerintah mengimplementasikan sebuah sistem yang dikenal secara umum dengan sebutan ERP – Enterprise Resource Planning. Bermilyar Rupiah diinvestasikan untuk memasang, melatih dan menyiapkan proses bisnis yang sesuai dengan sistem ERP. Mari kita lihat apakah huruf P di belakang ERP ini memberikan solusi yang dibutuhkan?

Di dalam sebuah ERP, data transaksi dimasukkan dan di track di dalam sistem tersebut. ERP bisa jadi sangat excellent dalam melakukan penelusuran data transaksi, begitu data tersebut masuk ke dalam organisasi, kemudian menyediakan akses ke data tersebut secara akurat. Pertanyaan selanjutnya apakah transaksi tersebut cukup berarti dalam konteks sebuah planning – perencanaan? Sebagai seorang planner, akan ada 3 hal penting yang seharusnya dapat Anda andalkan dari sebuah sistem perencanaan yang pintar.

Sistem tersebut akan :

  • Memberikan informasi jika suatu hal tidak sesuai lagi dengan yang telah direncanakan.
  • Memunculkan dengan jelas konsekuensi terhadap sebuah perubahan yang akanakan diambil.
  • Memberikan saran, rekomendasi atau pilihan-pilihan tindakan untuk merespon sebuah kejadian secara optimal.

Melihat Sebuah ERP ternyata hanya dapat memberikan satu solusi dari tiga kebutuhan fundamental tersebut. ERP akan membantu Anda untuk mendapatkan ketidaksesuaian, namun sangat sedikit memberikan bantuan mengenai bagaimana cara merespon berita buruk secara pintar.

Dalam sebuah kasus, jika Anda sedang mengelola sebuah pabrik dan menerima sebuah order baru. Dapatkah Anda dengan seketika memberikan tanggal pengiriman yang akurat kepada pelanggan?

Memberikan informasi kepada pelanggan tentang tanggal yang akurat, reliable dan dapat memenuhinya membutuhkan lebih dari sekedar laporan-laporan “after the fact” yang dihasilkan oleh sebuah ERP. Anda membutuhkan sebuah sistem perencanaan yang cukup pintar yang seketika dapat memberikan KPI dan memberitahu seberapa bagus keputusan yang Anda ambil, menentukan pilihan rencana produksi yang mengoptimalkan KPI dan pada waktu yang sama mengeliminasi pelanggaran selain itu dapat pula memastikan adanya visibility terhadap semua konsekuensi dari kemungkinan gangguan yang ada serta mampu memberikan saran bagaiman meminimalisasi dampaknya.

Dengan kata lain, Anda membutuhkan sebuah solusi optimasi yang bersifat interactive dan yang menyeluruh baik mencakup material, tenaga kerja serta kapasitas produksi secara simultan. Sebuah sistem optimasi yang dikenal dengan Supply Chain Planning and Optimization (SCP&O). Talian Infodinamika berpartner dengan sebuah perusahaan ternama menghadirkan solusi berbasis teknologi tinggi untuk SCP&O, yaitu Quintiq.

Sekilas tentang Quintiq. Setiap bisins memiliki teka-teki (Quintiq menggunakan istilah puzzles) mengenai supply chain planning masing-masing yang harus diselesaikan. Beberapa dari puzzle itu adalah hal yang besar atau penting. Beberapa adalah hal yang kompleks. Bahkan beberapa adalah hal yang mustahil untuk diselesaikan. Sejak 1997, Quintiq telah berhasil menyelesaikan setiap teka-teki menggunakan aplikasi platform tunggal “supply chain planning & optimization”. Saat ini, diperkirakan 12,000 user di lebih dari 80 negara mempercayakan software Quintiq untuk merencanakan dan mengoptimasiworkforces, logistik dan produksi. Quintiq bagian dari Dassault Systèmes (Euronext Paris: #13065, DSY.PA), memiliki kantor pusat di Belanda dan Amerika Serikat, dan memiliki kantor di seluruh dunia.

How can we help you?

Contact us at the Consulting WP office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

Scroll Up