Bagaimana prospek kerja di dunia IT?

Jika kuliah di bidang IT, nanti kerjaannya apa ya? Prospek atau ga ya?

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang sering muncul dalam artikel-artikel yang berhubungan dengan dunia kerja IT. Belum lagi dalam memilih jurusan yang akan diambil jika akan memasuki dunia kuliah. Ada beberapa pilihan antara lain, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi atau yang lainnya. Jadi sesuai dengan judul di atas, apa prospek bila bekerja di dunia IT?

 

  • Bekerja sebagai programmer
    Menjadi programmer adalah pekerjaan paling ideal dalam dunia kerja IT. Dengan Anda berkuliah di jurusan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer memang akan fokus mengarah software dalam hal ini membuat program yang profesinya disebut sebagai programmer.Bidang programmer ini sendiri sangat luas. Bisa di andaikan seperti dokter, ada dokter spesialis ini dan itu, dunia programming juga memiliki bagiannya masing-masing, tergantung dari aplikasi yang dibuat. Apakah aplikasi tersebut akan diinstall (desktop programming), website (web programming), atau aplikasi mobile (mobile programming).Pembagian ini menjadi penting karena detil bidangnya akan sangat banyak jika mau dikuasai semua. Misalnya, untuk bisa web programming minimal Anda paham HTML, CSS, PHP, MySQL dan JavaScript. Jika ingin naik level maka harus memahami materi seperti Framework.

 

  • Programmer Freelance
    working from anywhere TALIAN Maximo IndonesiaSelain kerja di perusahaan, lulusan IT juga dapat berprofesi sebagai programmer freelance. Inilah kerjaan paling fleksibel. Anda bisa kerja darimana saja selama terhubung ke internet. Bidang profesi programmer freelance sangat beragam. Misalnya Anda bisa membuka jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, hingga membuka layanan konsultasi.Peluang terbesar dari programmer freelance adalah membuat aplikasi dan di jual di marketplace. Untuk harga tergantung dari kemampuan dan tingkat kesulitan aplikasi yang Anda buat, bisa berkisar $30-$50, untuk aplikasi yang lebih advance bisa dihargai $1000 – $2000. Tinggal kalikan saja berapa keuntungan yang bisa di dapat.Dibalik kenyamanan kerja secara freelance, yang biasanya dikerjakan di rumah dan bisa bangun tidur suka-suka. Tantangan terbesar programmer freelance adalah pendapatan yang tidak pasti. Mirip seperti dagang, kadang kita bisa dapat banyak orderan, kadang sebaliknya.

 

  • Teknisi Jaringan (Network Engineer) dan Database Administrator
    Networking TALIAN Maximo Indonesia

    Selain belajar software, di kampus IT juga belajar mengenai jaringan (networking) dan database. Keahlian di bidang ini juga sangat dibutuhkan, terutama di industri telekomunikasi seperti pada perusahaan telkom, indosat, xl, biznet, dll. Tapi untuk bisa dikatakan ahli di bidang ini Anda diwajibkan melakukan upgrade lagi untuk sertifikasi pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate) atau Oracle Database Administrator.

 

  • Teknisi Komputer
    Anggapan masyarakat umum bahwa lulusan jurusan IT itu bisa memperbaiki komputer. Padahal kenyataannya tidak ada mata kuliah yang secara khusus mengajarkan cara merakit komputer, memperbaiki laptop, menghapus virus, maupun instalasi program.Biasanya keahlian ini dipelajari secara otodidak. Apakah memang hobi bongkar pasang komputer atau mencari sendiri tutorialnya. Ini bukan kemampuan yang akan didapatkan saat masuk ke jurusan ilmu komputer maupun teknik informatika.Keahlian ini cukup dibutuhkan. Jika Anda kerja di perusahaan non-IT (seperti PNS atau di bank), pekerjaan sebagai teknisi komputer sering menjadi tanggung jawab Anda. Selain itu dapat pula jadi peluang kerja untuk membuka jasa perbaikan komputer-laptop atau membuka toko komputer.

 

  • Pengajar IT (Instruktur/Guru/Dosen)
    Tidak dapat dipungkiri kedepannya pendidikan IT masih banyak diperlukan. Beberapa universitas sudah memiliki jurusan pendidikan IT dengan gelar S.pd. Menjadi instruktur atau membuka kursus komputer juga bisa jadi peluang kerja untuk tamatan IT.

 

  • Jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)
    Lulusan IT bisa masuk menjadi PNS, tentu saja selama ada lowongan untuk bidang tersebut. Dari beberapa informasi, kerjaannya tidak jauh dari teknisi komputer, yakni memperbaiki komputer rusak, hapus virus, instalasi program, dll. Biasanya aplikasi atau website pemerintah dibuat oleh pihak ketiga (melalui proses tender). Pemerintah disini hanya sebagai konsumen, bukan membuat aplikasi sendiri.

 



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up