UMR Jakarta 2017 Naik, Sudah Siap?

Bulan oktober kemarin pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya menetapkan besaran upah minimum regional, atau biasa disebut UMR Jakarta 2017 sebesar‎ Rp 3.355.750. Angka ini naik 8,25% dari UMR Jakarta 2016 yang hanya sebesar Rp 3,1 juta.

Angka 8,25% ini didapatkan dari PP No. 78 tahun 2015 yang berisi formulasi perhitungan kenaikan UMR, yaitu besaran UMR tahun berjalan dikalikan dengan inflasi nasional ditambah dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Ini artinya kenaikan UMR Jakarta 2017 pada masing-masing provinsi, yaitu besaran UMR 2016 dikalikan dengan penjumlahan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yaitu 3,07% ditambah 5,18%, maka didapatkan hasil 8,25%.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, mendukung penetapan besaran UMP DKI Jakarta oleh gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), untuk tahun depan. Apalagi kenaikan tersebut sudah sesua tatacara formula perhitungan pada aturan pengupahan. Sebelumnya, pemerintah menyatakan pengusaha bisa menangguhkan atau menunda pembayaran upah berdasarkan upah minimum provinsi (UMP). Namun, pengusaha tetap diwajibkan untuk membayarkan kekurangan dari penangguhan tersebut.

Kebijakan ini disambut baik oleh Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan. Menurut beliau, besaran kenaikan upah minimum regional (UMR) yang ditetapkan oleh pemerintah telah melalui pertimbangkan semua pihak. Oleh sebab itu, kenaikan upah tersebut harus bisa diterima oleh semua pihak termasuk buruh.

Hanif mengungkapkan,‎ formula yang digunakan dalam perhitungan kenaikan UMR Jakarta 2017 ini dihitung berdasarkan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Hal tersebut dinilai merupakan formula terbaik bagi semua pihak, baik buruh maupun pengusaha. Oleh sebab itu, Hanif meminta kepada semua pihak untuk menerima upah minimum 2017 yang telah ditetapkan.‎ Menurut dia, segala kekurangan dalam proses penetapan upah ini akan menjadi pembelajaran ke depannya.

Angka ini dinilai cukup mengejutkan meskipun ada saja beberapa pihak yang mempertanyakan atau mengeluhkan pembentukan angka UMR Jakarta 2017 ini. Namun, perlu diingat sekali lagi bahwa pembentukan angka ini telah melalui proses analisis yang cukup panjang dari berbagai faktor. Aspirasi boleh saja diberikan, asalkan harus masuk akal. Jikalau aspirasi tidak boleh diterima, maka harus diterima dengan lapang dada.

UMR Jakarta 2017
UMR Jakarta 2017 naik. Sumber: tribunnews.com

Untuk menyiasati ini, yang perlu Anda lakukan sebagai karyawan adalah tetap melakukan pengeluaran seperti biasa. Anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang terhadap pengeluaran anda. Kelebihan uang yang didapatkan dari kenaikan UMR sebaiknya disimpan untuk tabungan, ataupun kalau ada keperluan mendesak lainnya.

Sebaiknya dilakukan perencanaan untuk ke depannya, dengan menentukan apa saja yg bisa diirit, atau pun dihemat, mana yang merupakan utama, mana yang merupakan kebutuhan sekunder maupun tersier. Semakin banyak dana yang disisihkan untuk menabung, maka semakin mudah pula untuk membeli barang-barang atau keperluan impian anda yang berharga cukup mahal.

Sebaliknya, bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, kebijakan ini perlu membuat Anda untuk mengatur ulang strategi perencanaan kerja bagi perusahaan anda. Pasalnya, Anda harus mempertimbangkan jumlah tenaga kerja baik-baik agar cashflow perusahaan  tidak terjebak dalam ‘rapor merah’, atau dengan kata lain, ‘besar pasak daripada tiang’.

Di sisi lain, besaran UMR Jakarta 2017 ini akan menciptakan pemerataan distribusi perusahaan, dari kota-kota besar ke kota-kota yang lebih kecil lagi guna mendapatkan pemerataan kesejahteraan yang diinginkan. Menurut ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi menegaskan, jika ratusan perusahaan sudah memastikan bakal merelokasi pabrik dari Jakarta dan sekitarnya ke Jawa Timur dan Jawa Tengah sejak tahun 2013. Alasan utama dari relokasi ini, ungkap Sofjan, adalah permasalahan upah minimum regional yang naik terus- menerus.

Jadi, persiapkan rencana keuangan Anda dengan baik. Tidak usah khawatir dengan kenaikan pendapatan, yang perlu Anda lakukan adalah fokus dengan pekerjaan saat ini agar bisa mendapatkan pendapatan yang lebih baik lagi.



Author: TALIAN
Industry Solution Expert of Maximo, Quintiq, TEAM. TALIAN is an industrial solution provider. IBM Gold Partner for Maximo in Indonesia. Certified Maximo consultants expert of Enterprise Asset Management (EAM)
Scroll Up